4 Tips Agar Usaha Rumahan Mampu Bertahan dimasa Pandemi Corona

Admin, 6 months yang lalu Featured, Artikel

Share Via  
...

4 tips agar usaha rumahan mampu bertahan dimasa pandemi corona ini pasti bermanfaa untuk Anda. Khususnya Anda yang menjalankan usaha rumahan atau pegiat UMKM. Virus Corona telah menyedot perhatian dunia. WHO (World Health Oganization) atau Organisasi Kesehatan Dunia pun menyetakan visur corona atay yang dikenal denan Covid 19 adalah wabah atau pandemi global.

Munculnya Covid 19 ini tentu berdampak pada semua lini kehidupan, termasuk perekonomian. Para pebisnis, baik yang menjalankan perusahaan besar, maupun usaha rumahan dan usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM, tentu mengalami kesulitan memasarkan. Akibatnya, penjualan anjlok dan sudah jelas, penghasilan menurun drastis.

Covid 19 menghambat aktivitas bisnis. Tentu ada masanya pebisnis harus bertemu muka dengan (calon) klien atau konsumen. Pebisnis juga tentunya perlu mengecek banyak hal di gudang tempat suplai barangnya berada. banyak hal menjadi sulit dilakukan karena pandemi global ini.

Tantangan menjalankan usaha rumahan saat kondisi sulit

  • Sulit berekspansi

Para pegiat UMKM pasti menemui kesulitan dalam mencapai target-target yang sudah direncanakan dalam konsisi pandemi saat ini. Selain sulit mencapai target, pebisnis juga menghadapi hambatan untuk berekspansi. Perekonomian nasional bahkan dunia lesu. Pebisnis sulit melakukan survei dan observasi produk-produk di dalam dan luar negeri. Pegiat UMKM baru bisa bergerak setelah pandemi Covid 19 ini mereda.

  • Finansial terganggu

Ekonomi yang lesu akibat pandemi korona ini sulit mendongkrak angka penjualan. Para pelaku UMKM jelas merasakan imbasnya. Penghasilan turun karena pasar pun lesu. Hal ini mengakibatkan finansial perusahaan terganggu. Kemungkinan terburuknya, banyak usaha akan gulung tikar karenamodal habis sebelum usaha berkembang dan balik modal.

4 tips agar usaha rumahan mampu bertahan menghadapi tantangan dimasa sulit

Menjalankan usaha rumahan atau UMKM dimasa perekonomian negara terdampak pandemi corona sangat sulit. Beberapa sektor usaha telah diberitakan lumpuh. Ini berujung pada perekonomian dunia yang sudah pasti akan mengalami kelesuan.

READ  Hipnotis Pengunjung dengan 9 Anatomi Landing Page yang Tepat untuk Tetap Bertahan Saat Pandemi Corona

Bagaimana pun para pengusaha, termasuk mereka yang menjalankan usaha rumahan harus memutar otak agar tetap menghasilkan ditengah masa pendami. Strategi-strategi yang jitu diperlukan supaya usaha tetap berjalan lancar.

1. Memastikan arus kas (cashflow) tetap terjaga dengan baik

Bisnis apapun yang Anda jalankan, Anda harus memastikan arus kas berjalan dengan baik. Anda harus tetap menjaga pengelolaan arus masuk dan keluar uang Anda secara terperinci. Di sini laporan keuangan sangat diperlukan. Tanpa menjaga arus kas dengan benar, akan terbuka kemungkinan usaha Anda mengalami kebangkrutan.

Misalnya dalam situasi sulit saan ini, pebisnis sulit menagih atau membayar langsung kepada mitra-mitra usaha. Jika dipaksakan bertemu langsung, risikonya adalah bisa terjangkit covid 19, mekipun mungkin segala upaya perlindungan sudah Anda terapkan. Namun, tetap lebih baik jika kita mengikuti anjuran pemerintah untuk banyak tinggal di rumah dan menjalankan sosial distancing. 

Untuk hal ini pebisnis bisa tetap melakukan penagihan atau pembayaran melalui invoice atau faktur melalui email. Pemberitahuan resmi melalui email bisa membantu pebisnis untuk tetap menjaga arus tetap terjaga dengan baik. Ini jelas lebih baik dilakukan daripada langsung bertemu dan bertatap muka.

2. Merencanakan ulang keuangan usaha Anda

Sama seperti arus kas, rencana keuangan bisnis Anda pun harus tetap diatur. Dalam kondisi sulit seperti saat ini, maka Anda perlu merencanakan ulang anggaran biaya usaha Anda. Langkah ini penting dilakukan supaya Anda bisa mengevaluasi performa usaha Anda, apakah menguntungkan atau merugikan.

Merencanakan ulang anggaran bisnis Anda juga penting untuk memperkirakan anggaran business plan atau rencana bisnis Anda selanjutnya. Tanpa kejelasan rencana keuangan, pebisnis akan kesulitan memantau modal yang dikeluarkan dan target penghasilan yang ingin dicapai.

Pandemi yang membuat ekonomi terpuruk sebaiknya tetap disikapi dengan bijak. Salah satu langkah yang bisa pebisnis lakukan adalah dengan membuat pembukuan yang baik. Dengan demikian, seluruh pengeluaran, pemasukan dan traksaksi bisnis terdokumentasi secara rapi.

READ  5 Cara Mudah Membuat Bisnis Online Anda Lebih Digital

3. Memonitor traksaksi usaha

Agar tetap bisa mengendalikan usaha Anda,maka Anda pun perlu memonitor setiap transaksi. Mungkin Anda pun perlu bertransaksi dengan pihak bank. Ini bisa Anda minimalisir dengan melakukannya secara online.

Sementara untuk traksaksi bisnis, agar terkontrol dengan baik, Anda memerluka website untuk membantu usaha Anda tetap berjalan 24 jam. Usaha rumahan kan belum perlu website ya? Eits siapa bilang? Justru dengan dibantu website, usaha Anda tetap bisa menjangkau banyak orang, tanpa Anda keluar rumah.

Melalui website, Anda pun bisa memonitor usaha Anda. Semua transaksi pun bisa terdata di sana dengan baik. Berarti, yang Anda perlukan adalah jasa pembuatan website yang bisa diandalkan. Apakah harganya malah? Anda tidak perlu khawatir, kami punya rekomendasi jasa pembuat website yang menawarkan harga murah, tetapi tidak murahan.

Treva.id adalah jasa pembuatan website terpercaya yang bisa menjadi rekan kerja Anda. Mengapa Treva.id bisa diandalkan? Karena sudah bekerja sama dengan banyak pebisnis yang menjalankan usahanya secara online. Website dari Treva tidak hanya memberi kenyamanan dan kemudahan dalam menjalankan bisnis. Anda pun bisa mengubah fitur atau menu website sesuai kebutuhan tanpa pengetahuan coding. 

Sebelum kita lanjut ke tips ke-4, berikut ini keunggulan Treva.id sehingga bisa menjadi rekan kerja andalan Anda.

6 keunggulan Treva.id

1.Responsive design

Koleksi tema terbaik yang tersedia ramah untuk akses dengan seluler, sehingga memberikan pengalaman terbaik untuk bisnis Anda. Anda bisa mengecek aktivitas bisnis Anda dalam website melalui smartphone secara mudah dan cepat. Tampilannya yang nyaman di mata akan membuat Anda tetap bisa berbisnis kapan saja, dimana saja tanpa membuka laptop.

2. Keberagaman konten

Treva menyediakan customisasi animasi di text, paragraf, video, dan file audio untuk memberikan kesan eksklusif pada website bisnis Anda. Bagus kan jika pengunjung website Anda betah berlama-lama? Treva mampu menyediakan beragam konten yang akan membuat situs Anda tampil menarik.

READ  6 Cara Optimalkan Blog untuk Bisnis Online Anda

3. Tersedia tema pilihan

Treva memberikan kemudahan untuk melakukan editing tema sesuai keinginan Anda secara mudah dan cepat. Tema-tema pilihan Treva bisa Anda sesuaikan dengan keperluan. Anda juga bisa mengedit atau mengubah tampilan menu atau fitur-fiturnya sendiri tanpa keahlian coding. 

4. Cepat dan profesional

Treva memberikan pengalaman terbaik kepada pengunjung bisnis Anda untuk mengakses web dengan cepat. Tema-tema yang Treva sediakan membuat bisnis Anda tampil makin profesional.

Tidak hanya itu, Treva pun memberi layanan 24 jam untuk memastikan website Anda berjalan lancar untuk menjalankan bisnis. Anda pun tidak perlu kawatir jika ada yang meng-hack atau membajak website Anda. Treva memiliki cadangan seluruh data dan tetap dalam kondisi aman.

Nah, lengkap kan? Treva.id menghapus rasa kawatir Anda dalam menjalankan usaha. Sekarang, mari kita lanjut ke tips ke-4.

4. Mengecek kondisi stok produk

Meskipun di beberapa media sudah diberitakan pasien corona berkurang, tetapi tentunya Anda masih berpikir dua kali untuk mengecek barang atau produk di gudang. Langkah yang bisa Anda ambil adalah dengan mengecek konsisi stok produk Anda secara online.

Ini pun bisa Anda diskusikan dengan Tim Treva, agar aktivitas bisnis Anda tetap berjalan ditengah pandemi corona. Melalui website, Anda bisa mengecek stok produk yang tersedia dan produk yang mulai menipis.

Bagi Anda yang menjalankan usaha rumahan, bisa jadi tidak perlu cek gudang, karena semua produk ada di rumah Anda. Namun, website tetap Anda perlukan supaya segala sesuatunya bisa Anda kontrol dan kendalikan secara online tanpa keluar rumah. Kunjungi website Treva.id atau menghubungi langsung Customer Service (CS) online yang akan siap sedia menjawab semua pertanyaan Anda terkait website.

Selamat mencoba 4 tips agar usaha rumahan mampu bertahan dimasa pandemi corona ya. Jangan menyerah!

Share Via  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TIPS
Hipnotis Pengunjung dengan 9 Anatomi Landing Page yang Tepat untuk Tetap Bertahan Saat Pandemi Corona
admin, 5 months yang lalu

Hipnotis pengunjung dengan kesederhanaan dan kenyamanan landing page Anda untuk.... READ MORE

TIPS
Cara Membuat Website Mudah untuk Bisnis Online Anda
admin, 7 months yang lalu

Cara membuat website mudah untuk bisnis Anda berikut ini pas.... READ MORE

TIPS
Cara Membuat Website Gratis Tanpa Keahlian Coding
admin, 7 months yang lalu

Cara membuat website gratis tanpa keahlian coding berikut ini pas untuk Anda.... READ MORE